Kamis, 24 November 2016

PART 5 & 6 ( lab dan wawancara)

PART 5 (Tes kesehatan  LAB)

assalamualaikum wr wb.

Langsung saja saya mau ngasih informasi dan tips tips seputaran tes lab ..
tes lab di pln terdiri dari beberapa tes, diantaranya adalah :

1. Darah (pemeriksaan darah lengkap)
Pemeriksaan darah untuk mengetahui berbagai penyakit contohnya asam urat, kolestrol, diabet dll
2. Urine
Pemeriksaan urin yaitu untuk melihat pada bagian ginjal dan NAPZA.
3. EKG (Untuk melihat fungsi jantung)
Elektroda EKG  ditempelkan pada dada, pergelangan tangan dan kaki, jadi untuk memudahkan mending pakai baju yang terpisah misal rok sama kemeja(yang ada kancingnya).
4. Thorax
Untuk melihat keadaan paru paru ( rontgen paru2)
untuk wanita nanti bajunya di buka dan diganti dengan baju rontgen yang warna biru atau hijau. lalu tinggal cekrek deh.
5. Audiometri
Untuk melihat keadaan pendengaran, nah nanti di bagian ini kalian akan masuk ke ruangan kecil kaya wartel gitu yang kedap suara, nanti dikasih headphone, lalu keluar suara dari mulai yang terkecil sampai yang besar, suaranya tidak berurutan melainkan random, jadi pertama misal kecil kedua besar, kecil lagi, jadi fokus ya pada bagian ini.

untuk lebih lengkapnya lihat gambar:

*gambar diatas adalah pemeriksaan disaat saya mengantri, jadi nanti setiap tes di paraf sama petugasnya.


Tipsnya cuma 1 :

Terapkan pola hidup sehat (olahraga, minuman, sayuran, buah- buahan)

Sebelum ada pengumuman tes lab saya prepare dluan yaitu dengan cara menerapkan pola hidup sehat, pokoknya saya persiapkan dulu walaupun belum tahu lulus atau tidak dari tahap sebelumnya.
setiap pagi (sarapan) saya memakan oatmeal dicampur milo,apel, dan toberi. kalau makan siang saya tetap makan nasi tetapi lauknya tidak dengan daging, bersantan, berlemak, pokonya saya memilih lauk yang sehat sehat seperti sayuran, begitu juga dengan makan sore saya memakan nasi dan sayuran. dan jangan lupa kita harus perbanyak minum air putih. 

dan setelah 2 minggu pegumuman lulus labpun tiba.... jreng jreengggg ..
alhamdulillah saya lolos lagi, next tahap terakhir yaitu wawancara.

Part 6 Wawancara

Wawancara dilaksanakan di Gedung Balai Sartika (Bikasoka)  Jalan Suryalaya Bandung, saya kebagian pada pukul 11:00 WIB tetapi ngaret menjadi jam set 1.
saya diwawancarai oleh dua orang yaitu 1 dari psikolog dan 1 dari pegawai PLN, wawancara seputar perkenalan diri, keluarga, organisasi dan pekerjaan(bagi yang sudah bekerja) .

tipsnya :

1. Ingat ingat lagi hal hal yang terkait dengan CV
2. Menjawab dengan terstruktur jangan berbelit belit
3. Terapkan pola STAR ( situasi, task, action dan result )
jadi semua pertanyaan itu pasti akan mengarah ke STAR disitu akan dilihat kamu mengambil keputusan apa dan hasilnya bagaimana.
4. Tunjukan bahwa kamu sesuai dengan budaya kerja PLN : saling percaya,integritas, peduli, dan pembelajar.

dan alhamdulillah saya lolos, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada warga kaskus, teman teman yang telah membantu, keluarga yang mendukung dan selalu mendoakan, dan tentunya kepada allah SWT .. PLN 56 i am cooming :D

semoga teman teman semuanya bisa nyusul yaa.. aaamiin ya allah

berhubung bagian wawancara dan lab tidak tertulis lengkap karena buru buru mau diklat prajab jadi jika ada yang ditanyakan bisa line aja ke @ndafirdaa

sukses untuk kita semua :)

wassalamualaikum wr wb ,







Rabu, 26 Oktober 2016

PLN PART 4 ( Psikotes)

Assalamu'alaikum wr wb.. 

Saya pergi ke Bandung H -1 sebelum hari H, dan menginap di penginapan, kebetulan lokasi tesnya dekat dengan teman teman SMA saya yg berkuliah di Bandung, sore harinya kami (Der*, Merly*, dan Uppe* ) makan bersama d upnormal, makasih sudah menemani hhhee #alayy, lanjut ..keesokan harinya saya bangun jam 5, bersiap siap pergi ke PUSDAI dan langsung saja pesen gojek .. dan akhirnya tiba.. seperti biasa kita diharuskan datang sejam sebelum tes, lalu registrasi, dengan menunjukan KTP dan kartu peserta, dlu saya kebagian psikotes jam 8 - 12 tempatnya di bale asri / PUSDAI Kota Bandung, jauh jauh hari sebelum saya tes saya cari tahu dulu tes psikotesnya itu bagaimana dan seperti apa, lalu saya mendapatkan informasi ternyata tes psikotesnya ada PAPI , warteg, gambar pohon, dan gambar orang kemudian dilanjutkan dengan tes koran atau pauli .. dan benar saja pada saat tes yang keluar sesuai perkiraan. langsung saja saya isi sesuai rencana : pada tes warteg saya menggambar stoberi, bebek, mesjid, gedung, kris,laptop, bunga dan balon udara kemudian pada tes menggambar pohon saya menggambar pohon mangga (lengkap dengan akar, buah, daun ranting, rumput2 sekitar pohon mangga),lalu pada menggambar orang saya menggambar seorang perempuan sedang berdiri membawa kertas, di depannya terdapat meja kerja diatas meja kerja tersebut terdapat laptop, air minum, dan pas bunga .. aktifitas yang sedang dilakukannya adalah sedang bekerja .. hhehhe (standar bgt ya) *kemampuan menggambar saya terbatas jadi saya menggambar yang sekiranya saya bisa hhee setelah gambar menggambar kemudian dilanjutkan dengan tes pauli, tetapi pada tes pauli rencana saya tidak berjalan dengan lancar, saya hanya bisa mengerjakan 1,5 halaman saja, tes pauli ini dikerjakan selama 1 jam dan setiap bbrpa menit sekali ada aba aba suruh digaris bawahi d bawah angka tersebut, dan setelah aba aba bisa dilanjutkan kembali pada baris itu. .

Tips:
1. Berlatih menggambar orang dan pohon
2. Persiapkan terlebih dahulu mau menggambar apa
3. Latihan untuk menghitung tes pauli, simulasi tes ini dapat dilakukan dirumah dan membuat tes pauli sendiri caranya   ( Seperti ini)
ket: tes pauli dilaksanakan selama 1 jam full tanpa istirahat dengan setiap  3 menit sekali ada aba aba untuk diberi underline pada angka yang telah dikerjakan, ukuran kertasnya A3(bolak balik), jika sudah selesai boleh meminta kertas lagi untuk dikerjakan.. hha dewa banget ini yang minta nambah ..
kegunaan tes pauli ini adalah untuk melihat daya tahan, kemauan, keuletan, penyesuaian, ketelitian, kecermatan, kestabilan emosi, sikap  terhadap tugas dan sikap dalam menghadapi tekanan. 
4. Jaga konsentrasi
5. Identifikasi kelebihan dan kekurangan kamu
6. Kenali cara penilaian pada tes PAPI
Cara penilaiannya silahkan pelajari disini (KLIK) adapun soal PAPInya bisa di download disini --> DISINI  * ingat ya isi yg paling sesuai dengan diri anda dan nanti hasil ini akan di samakan dari penilaian gambar warteg, pohon dan orang, jadi harus sama hasilnya .
7. Pasrah 

dan alhamdulillah saya lolos psikotes..

next Tes Lab ..





Sabtu, 15 Oktober 2016

PLN PART 3 (Adatip/CAT)

4. Tes Adatip / CAT
Setelah Pengumuman tes kesehatan fisik, hari seninnya adalah tes adatip kebetulan saya kebagian batch yang hari selasa jam 08:00 WIB, saya berangkat dari Depok hari seninnya dan nginep d penginapan yang dekat dengan lokasi tes, waktu itu lokasinya di grand pasundan convention hotel di jalan Peta Bandung.. saya pertama kalinya mengikuti tes adatip ini, sebelum saya tes PLN saya sempet cari tahu, dan jarang sekali informasinya karena tes adatip ini masih baru diterapkan di pln, sebelumnya tidak ada adatip tetapi GAT, *kayaknya PLN udah tau banyak soal GAT yang bocor dan bersebaran d internet seperti contoh soal GAT yang bocor disini( Download GAT )hhhaa jadinya di ganti deh ama adatip ini hihiihi :D tetapi tergantung PLN juga si mau GAT apa CAT yg pasti klo yang kebagian CAT belum ada soal yang bocor hhhee.. pokoknya lillahita'ala aja .. peserta datang 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan, dan saya sudah datang jam 7 waktu itu.. langsung saja regis dulu untuk d cap kartu pesertanya..setelah itu masuk ke aula.. disana terdapat banyak laptop .. dan tempat duduknya sudah ditentuin.. sebelum mulai ada penjelasan dulu mengenai tes tersebut.

penjelasannya seperti ini: pengerjaanya dibatasi oleh waktu, setiap soal hanya diberi waktu 2 menit, jadi harus cepat cepat diisi, jika belum selesai mengerjakan soalnya dan belum sempat diisi maka otomatis akan pindah ke soal berikutnya dan gabisa back ke soal sebelumnya, pokoknya kalian harus bertarung dengan waktu. oke langsung saja ke soal yaa..

tes ini terbagi  kedalam 4 sub yaitu :
- General (campuran)
- Numerik 
- Verbal 
- Spasial

Bagian general adalah gabungan dari keseluruhan tes ( verbal, numerik dan spasial ) .. soal tiap peserta berbeda.. 
Bagian numerik, kebanyakan soalnya menghitung persen dari tabel dan diagram, tapi ada deret angka juga sih ( cuma dikit deret angkanya), ada juga soal cerita semacam di GAT, tapi tentunya beda soal hhaha, pokoknya kebanyakan mencari persen deh .. 
contoh buat latihan ada DISINI soal yang persen mirip mirip kaya di web itu, nanti di webnya pilih try a test dan pilih numerik, setiap mau test kalian harus isi data dulu( yang sabar ya, namanya juga usaha) :D 
Bagian Verbal, dibagian verbal kita suruh kaya nentuin ide pokok dari cerita gitu, jadi jawabannya cuma ada 3 a. benar b. salah c. tidak tahu .. kalian bisa latihan juga DISINI .. nah contohnya mirip seperti itu cuma isi beritanya saja yang beda.. selain itu ada juga soal sinonim, antonim, dan juga pengertian kata.. tapi kebanyakan yang bacaan itu .. kalian harus cepat juga membacanya, karena waktunya cuma 2 menit per soal :( huhuh
Bagian Spasial, soal spasial ada yang melengkapi bentuk dan ada juga yang panah panah gt , yang panah panah itu belum ada di buku buku TPA, kayaknya soal spasial yang ini adalah model baru deh..
coba ya saya gambarin ..

nah yang belum ada dimana mana itu yang kaya gini  hhaa.. jadi ada panah sebelum dan sesudah dan ditengah tengahnya ada warna, nah soalnya itu yang paling bawah yang ada tanda tanyanya(?) .. biar outputnya jadi tanda panah seperti itu maka input tanda panahnya kaya gimana? tentunya dengan memperhatikan warna warnanya ..(inti soal ini adalah biar outputnya kaya gitu inputnya itu kaya gimana!) sepemahaman saya si gt hihi.. 

jumlah soalnya ada berapa? 
Tidak pasti karena setiap orang akan mendapatkan jumlah soal yang berbeda pada setiap subnya, dulu saya kebagian jumlah soal yang banyak kira kira ada 20 soal per sub, kecuali verbal dan General, pada verbal saya hanya mendapatkan 3 soal dan general hanya mendapatkan 10 soal. jadi jangan difikirin kenapa dapet soal sedikit atau banyak dan lebih dulu keluar atau trakhr, saat itu saya adalah beberapa orang yang keluar terakhir .. huaaaaa:{
di tes ini saya kembali beremu dengan putr* yang anak Bogor itu, pas uda selese tes saya dan putr* udah hopeless banget sama adatip, dibilang susah ya susah karena harus cepet dan benar di tengah tekanan waktu.. sehabis tes saya hanya bisa pasrah ..hanya allah yang dapat meluluskan saya :"

Tips tes adatip:
1. Banyak banyak latihan soal, agar tebiasa
2. Latihan menghitung cepat
3. Latihan di link yang saya berikan :D

pengumumannya kelulusannya seminggu setelah tes ..
Seminggu telah berlalu, pas ngebuka pengumuman degdegannya luar biasa sekali :s ga karuan pokoknya ..daan alhamdulillah atas izin allah saya lolos lagii.

next tahap psikotes di PART 4 ..

Jumat, 14 Oktober 2016

PLN PART 2 (Kesehatan fisik)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..
Dilanjut ya ceritanya, kemudian seteah tes akding saya tidak langsung pulang melainkan bermain dulu di alun alun Bandung bersama kenalan saya yang bernama el*n, disana kita makan dan duduk duduk menikmati kota Bandung ahha *gayaaa sebelum pulang kita solat asar dulu, dan setelah itu langsung caaaw ke terminal Lw Panjang, kebetulan el*n pulangnya ke Jababeka dan saya ke Depok.. jadi 1 arah la ya .. cuma beda bus. diperjalanan sekitar pukul 20:30 WIB saya cek web PLN untuk melihat pengumuman kelulusan akding, sumpah deg degan banget.. saya udah pasrah dengan semua kemungkinan yang terjadi.. karena banyak soal bahasa inggris yang belum saya kerjakan, maka dari situ saya hopeless.. pas diliat benar saja tidak ada nama saya :(( 
kemudian teman saya namanya Wird* .nge WA gini :
dia: lolos? 
me: enggaaaa kayaknya itu cowo semua deh yg lolos, masa gada cewenya  :((
dia: itu yang cewe ada di bawah, km lolos tuh, ada nama kamu  di bawahhh ..
me: buru buru ng scroll bawah, langsung cari huruf yang awalan F .. daaann ternyata ada nama sayaa * alhamdulillaaaahh :"
me: kamu gimana?
dia: aku ga lolos:(
me:* nyemangatin*
saya tinggal berdua sama el*n karena wird* tereliminasi, sabaar ya, semua rezeki sudah diatur allah kok.. yang penting kita terus berusaha dan berikhtiar. 
kemudian saya nanya ke el*n, dan dia juga lolos alhamdulillah.. dan nanti kita sama sama tes kesehatan fisik..
waktu itu tes akding dilaksanakan senin - rabu, tergantung kebagian batch berapa, dan pengumuman kelulusan dapat dilihat pada malam hari terakhir ( rabu malam) dan tes berikutnya dilaksanakan hari kamis-sabtu, jadi dua tahap ini dilaksanakan dalam waktu 1 minggu...

3. Kesehatan Fisik 
Saya kebagian hari jum'at jam 8 dan berangkat hari kamis sore, nginep di sodara.. tes fisiknya di RS Melinda 2.. sesampainya di RS seperti biasa kita harus regis dulu, kartu pesertanya di cap, kemudian di bagi per kelompok gitu buat masuknya..karena banyak menunggu antrian  saya berkenalan dengan putr* anak Bogor yang kuliah d UGM, kebetulan putr* sejurusan dengan saya .. yihaa ada temen juga hha:D langsung aja ya ke bagian penting hhha

di tes kesehatan fisik ini terdiiri dari:



  1. Tinggi badan, dan BB (harus ideal) untuk wanita tingginya minimal 150cm  pria: minimal 155 cm
  2. Body mass index <28
  3. Cek lingkar perut pria: < 90cm dan wanita :<80 cm
  4. Tensi darah < 130/80 
  5. Visus Mata, jangan lebih dari -4 , tidak buta warna 
  6. Gigi ( karang gigi, lubang, tambalan ) semuanya di cek , telinga, hidung 
  7. Wasir, langsung di cek ama dokternya 
  8. Pemeriksaan tenggorokan 
  9. Pemeriksaan  leher 
  10. Pemeriksaan dada apakah ada benjolah/ tumor/ kanker apalah itu..
  11. Pemeriksaan kulit ( jangan bertato)
  12. Untuk cowo Pemeriksaan kelamin
  13. Pemeriksaan keseimbangan (walking and romberg test) cari di google bagaimana tes keseimbangan.

Bagain gigi saya tidak ada masalah dan saya selalu rajin membersihkan gigi, tidak ada karang ataupun tambalan apalagi bolong, yang saya takutkan hanya pada mata, soalnya saya minus :( 
pas visus mata lagi lagi saya salah baca, bingung juga sebenernya saya min berapa, kok kacamata yang saya pake suka ga pas.. abis visus mata susternya bilang: minusnya nambah ya ? iya sus, saya jawab aja gt, lalu susternya nyuruh saya ke optik yang disediakan RS nya agar pemeriksaan lebih akurat .. 
dan jreng jreengg ternyata mata saya kanan -2.75 dan kiri -3.5 , sedih banget, tapi belum mencapai batas maksimalnya PLN, alhamdulilllah masih ada kesempatan, tetapi tetap saja harap harap cemas.. pokoknya di tes kesehatan fisik ini saya pasrah sajaa, karena memang saya tidak sempurna ..saya hanya bisa berdoa.
1 minggu kemudian..
tibalah saatnya untuk melihat hasil tes kesehatan fisik, daan alhamdulillaaaaah saya lolos ke tahap selanjutnya dan teman saya el*n tidak lulus, sedih banget saya jadi sendirian, eneh juga kenapa dia ga lolos, sebelumnya dia uda ikutan tes PLN 3 kali dan pernah 1 kali gagal d lab, 1 kali gagal di wawancara dan skrg gagal di kesehatan, mungkin allah punya rencana indah yang lain l*n, tetap semangat ya! ini juga menjadi pelajaran buat saya, bahwa kita jangan pantang menyerah ..
langsung saja saya ingin berbagi tips buat tes kesehatan fisik :
  1. Bagi yang perutnya agak buncit harap segera diet dan olahraga.
  2. Bersihkan gigi ( scalling ) 
  3. Bersihkan telinga
  4. Jangan stress 
  5. Jangan kecapean 
hal hal yang sering ditanyakan :
  • Yang pake behel gapapa? gapapa 
  • Saya giginya udah ga lengkap karena di dulu d cabut pas behel: gapapa 
  • Gigi saya da bolong 1 : gapapa (masih toleransi) 
  • Gigi saya ada tambalan : yang ini saya gatau batas maksimal tambalannya berapa.. tapi klo dikit gpp 
  • Cara ngitung body mass index gimana ? ada di google 
  • Saya ada wasir dikit: gapapa asal jangan segede anggur aja wasirnya
tidak ada manusia yang sempurna, semuanya memiliki kesempatan untuk lolos, jadi jangan takut gais :) 
next ..test adatip.. (di part 3 ) 

Kamis, 13 Oktober 2016

PLN PART 1(akding)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..
Semoga pembaca blog ini selalu diberikan perlindungan oleh allah swt ya aamiin.

Saya ingin bercerita sekaligus berbagi tips mengenai rekrutmen PLN melalui jobfair POLBAN yang dilaksanakan kurang lebih pada 19 - 21 Agustus 2016.

Waktu itu semua pendaftar harus datang ke stand PLN yang diadakan di JF POLBAN saya berangkat dari Depok hari kamis, kebetulan hari jumatnya ada tes kesehatan KAI juga di Bandung, jadi sekalian aja, hahha tapi sayang sekali tes KAI ga lolos gara gara pas visus mata saya salah baca hurufnya .. alhasil saya ter eliminasi saat itu juga :( belum apa apa saya uda ter eliminasi .. huufft
oke gapapa, mungkin ini jawaban biar ke jf polbannya ga terlalu siang, -.- kemudian saya buru buru pesen gojek, beberapa menit kemudian gojek yang saya pesan datang dan mengantarkan saya ke TKP ..untung uda ada gojek, kemana mana bisa di antar jemput hha:D

sesampainya disana, saya melihat orang orang yang sedang mengantri untuk daftar ke jf polban, biayanya seharga 35 rb .. antriannya sangat panjang sekali , tetapi dengan sabar saya bisa melewati antrian panjang itu huffttt ...
Ketika sudah berhasil mendaftar, didalamnyapun mengantri lagi, apalagi stand yang saya tuju yaitu stand PLN, ketika sudah mengantri lama sekali untuk masuk ke stand PLN tau taunya di tutup karena sudah waktunya para panitia istirahat dan solat jum'at .. dengan terpaksa saya nunggu dulu sampai jam 13.00 wib. huaaaaaaa--"
pas lagi nunggu saya bertemu dengen Wird* temen sekelas kuliah hhaa untung ga sendirian banget, oh ya pas ngantri juga saya kenalan sama el*n anak elektro UGM. mereka berdua juga daftar PLN. jadi buat temen temen yang kemana mana sendirian jangan takut, nanti kan bisa kenalan :D you are not alone lah, hha
oke langsung aja ya drpada banyak basa basinya .. akhirnya saya bisa daftar ke stand PLN .. dan pengumuman kelulusan administrasinya diumumkan 2 minggu kemudian..

1. Administrasi
Daaann akhirnya saya lolos administrasi .. alhamdulillah ya allah
di administrasi ini yang dikumpulkan adalah :
- Akta legalisir
- Copy Transkip legalisisr-ijazah legalisir
- Foto
- Copy Ktp
- Cv
yang diserahkan ke stand pln menggunakan map (lupa warna apa ) trs kita nanti di kasih username dan passowrd buat regis d web pln dan upload berkas.
tips di seleksi administasi ini cukup ikuti saja persyaratan persyaratan yang dibutuhkan PLN. dan tips yang pasti ada adalah berdoa, jika berdoa kita tidak boleh egois hanya mendoakan diri sendiri. ust Yusuf Mansur berkata: klo kita berdoa kita juga harus mendoakan orang lain, karena dengan mendoakan orang lain maka kita akan didoakan oleh para malaikat dan mendatangkan beribu ribu kebaikan.. aamiin.

2. Tes akademik dan Bahasa Inggris
Setelah pengumuman administrasi, hari selasanya saya mengikuti tes AKDING, tes AKDING berisi soal soal jurusan dan bahasa inggris, karena saya jurusan informatika maka soalnya berhubungan dengan informatika, soalnya mengenai database, tapi tidak ada query kok, tenang aja haha ... seinget saya contohnya adalah: untuk menggabungnkan tabel menggunakan ? a. inner join, b.outer join blablabal.. trs apalin yang termasuk DML dan DDL, misal : membuat tabel termasuk DDL apa DML ? hayooo  .. apalin juga pengertian filter, sorting, grouping, have, select .. pokoknya seputaran itu. Soal akademik terdiri dari 50 soal ditambah bahasa inggrisnya 50 soal jadi total ada 100 soal, tetapi pengerjaanya soalnya satu satu, yang pertama soal jurusan dulu lalu lanjut ke soal bahasa inggris. untuk soal bahasa inggris bisa di download  -->  DISINI,  disana cuma ada sampe page 4.. hanya sampai no 24 saja *penonton kecewa yaaaahh:(( info juga buat yang jurusan elektro saya nemu nih soal soal buat ELEKTRO bisa di lihat di blog SANA, klo buat jurusan informatika kayaknya belum ada yang share deh.. jadi pokoknya apalin seputar database aja, insyaallah bisa kok! *semoga bermanfaat kisi kisinya .. nah pas saya tes akding ini saya belum tahu soal bahasa inggris dan jurusannya seperti apa, dan saya membuka kembali materi kuliah dan mencoba membiasakan mengerjakan soal soal reading ..
beberapa minggu kemudian setelah tes akding selesai tiba tiba ada yang share d kaskus soal soal bahasa inggris PLN, *dalam hati, yaah telat nih org ngasih beginian tp rapopolah  saya tetep download juga si buat belajar wkwkk:3

soal soal AKDING PLN diberikan sitem minus .. klo benar +4 klo salah -1. jadi jawab yang sekiranya yakin aja, dlu saya yang soal jurusan diisi sekitar 90%-98% , tetapi yang bahasa inggris paling cuma 30-50 % ( jangan diitiru gais --"), di soal bahasa inggris saya kebanyakan mikir, sedangkan waktu terus berjalan, tiba tiba waktu uda abis aja dan harus di kumpul, padahal masih banyak yang belum.. alhasil saya hanya bisa pasrah >< 
tips untuk tahap ini :
  • buka lagi pelajaran kuliahnya
  • cari informasi sebanyak banyaknya, jangan diem aja :D 
  • untuk bahasa inggris sering latihan soal soal reading
  • dan perbanyak doa pastinya hhe
lanjut cerita di part 2 ya ..

Senin, 01 Agustus 2016

JODOH

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..
Bagaimana cara menadapatkan JODOH/ pendamping hidup?

Hallo everyone, this is my firs when i share..
Gimana sih cara menjemput jodoh? kok jodoh aku tak kunjung datang? ak pengen jodoh yang shaleh, pinter, cakep, bijaksana, bertangung jawab, penyayang daaann blaaa blaa blaaa.. tetapi ingat ya! kita jangan banyak menuntut sesuatu jika kita sendiri belum baik, usahakan utuk perbaiki diri sendiri dulu dan tentunya selalu berdoa kepada allah agar selalu diberikan kemudahan. inilah tips untuk kamu kamu kamu yang pengen cepet dapet jodoh.. semoga berhasil dan mendapatkan jodoh idamanmu yaa gais, check it out!:)

Tips untuk mendapatkan jodoh bagi laki laki :

Menurut saya untuk laki laki tidak begitu sulit untuk mendapatkan jodoh, yang sulit itu mengumpulkan niat untuk menikah, ya kan ? berikut  tipsnya untuk laki laki yang sudah ada niat untuk menikah ..
- Perbaiki hubungan anda dengan sang maha pencipta.
- Berdoa
- Perbaiki diri
- Meminta doa orangtua
- Sedekah
- Perluas pergaulan dengan orang orang baik
- Buat list kira kira siapa saja yang pantas dijadikan istri, ingat ya jangan modus sana sini! agar tidak ada yang merasa di PHP in , jika tidak mempunyai list sama sekali segera meminta rekomendari kepada ustadz atau ustazah.
- Lalu pastikan perempuan tersebut mau atau tidak, PDKT dikit gapapa kali tapi ya jangan lebayy dan jangan terlalu lama, pokoknya yang cool deh :D  klo keliatan ada respon dari si dia baru deh utarakan niat baikmu untuk menikah.. bisa lewat pihak ke 3 atau bisa ngomong langsung.
- Terakhir.. lakukan semua tips diatas.

naah sekarang tips untuk perempuan nih yang ingin mendapatkan jodoh..
- Perbaiki hubungan anda dengan sang maha pencipta.
- Berdoa
- Perbaiki diri
- Meminta doa orangtua
- Sedekah
- Perluas pergaulan dengan orang orang baik
- Jangan terlalu memasang kriteria yang tinggi, coba lihat dirimu sendiri!
- Sabar dalam penantian, tapi jika tidak sabar bolek kok mengutarakannya terlebih dahulu, seperti pada zaman nabi Muhammad SAW ketika Siti Khadijah mengajak Nabi Muhammad untuk menikah, tapi pada zaman sekarang cenderung gengsi dan malu malu :3 
Meminta rekomendasi ustadzah juga boleh. 


Yang terpenting untuk laki laki atau perempuan jangan kelamaan memilih milih pasangan, yang harus cantik lah, ganteng lah, cakep lah, karena semua orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. justru dengan perbedaan tersebut kita harus saling melengkapi satu sama lain. Nilailah pasangan dari segi Agama dan Akhlaknya bukan dari harta, ataupun rupa.. niatkan menikah untuk beribadah kepadaNYA, agar mendapat RidhoNYA sampai ke surga, maka hati akan terasa tenang dan tentram membangun keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah.